PROPOSAL PESERTA

Alternatif Desain Kostum Karnaval dari 34 Propinsi di Indonesia

Oktida Yoeaiti

Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah

VOTE : 0

Lembaga Terkait

  • Institut Dayakologi
  • Dewan Kesenian Jakarta
  • Indonesian Visual Art Archive (IVAA)
  • Museum Nusa Tenggara Timur
  • Studio Audio Visual Puskat
  • Tikar Media Budaya Nusantara

Deskripsi

Karya penelitian ini adalah sebuah produk desain fesyen berupa kostum dengan konsep karnaval dari 34 propinsi di Indonesia.

Hipotesis yang peneliti dapatkan adalah bahwa konsep karnaval menjadi salah satu alternatif hiburan yang paling menarik untuk memperkenalkan, menginformasikan, dan menyuguhkan aneka ragam budaya yang ada di Indonesia.

Penelitian akan dimulai dari pencarian arsip-arsip, terutama yang berupa gambar atau foto-foto yang dimiliki lembaga JABN, dan tak menutup kemungkinan untuk referensi buku lain yang relevan.

Hasil dari penelitian ini berupa karya alternatif desain kostum karnaval dari 34 propinsi di Indonesia, beberapa akan dibuat sample dan akan ditampilkan dalam bentuk buku. Desain-desain yang telah dibuat akan diajukan ke tiap propinsi yang ada untuk ditawarkan sebagai konsep kostum karnaval di masing-masing propinsi.

Buku yang diterbitkan ini nantinya akan didistribusikan ke perpustakaan besar di tiap propinsi, perguruan tinggi negeri/swasta/sekolah atau akademi tata busana/desain tekstil/desain mode, dinas pariwisata di tiap propinsi, serta lembaga-lembaga terkait lainnya.

Selain itu, akan dibuat sebuah video presentasi kreatif terkait hasil kostum karnaval ini sebagai contoh concepting sederhana sebuah ide karnaval. 

 

 

 

Tujuan

  • Sebagai salah satu media promosi dan pembelajaran yang berkaitan dengan kebudayaan yang ada di propinsi tersebut, khususnya di dalam hal tekstil tradisi dan pakaian adat.
  • Media promosi ini tentunya juga akan menarik minat kunjungan wisata domestik dan atau mancanegara ke propinsi yang bersangkitan.
  • Memberi identitas kepada masing-masing propinsi lewat sebuah maskot kostum karnaval yang dapat mewakili citra khas daerahnya.
  • Memacu kreatifitas masyarakat setempat dalam berkarya lewat media fesyen dan berlomba menciptakan event semenarik mungkin bagi propinsi masing-masing.
  • Kostum karnaval bisa diagendakan sebagai alternatif event seni budaya, terutama di propinsi baru yang belum terlalu dikenal oleh umum.
  • Meningkatkan perekonomian, perdagangan, dan kunjungan wisata.
  • Tekstil tradisi dan pakaian adat yang diangkat dalam bentuk kostum karnaval ini, juga membuka peluang untuk menjadi trendsetter mode di Indonesia dan juga dunia.

Masalah

Banyaknya propinsi baru di Indonesia, membuat pemerintah pusat pada umumnya dan pemerintah daerah pada khususnya, memiliki pekerjaan ekstra untuk mengenalkan dan mempromosikan propinsi baru dengan segala pesona dan kelebihan yang dimiliki. Ini tentunya menjadi pekerjaan yang cukup sulit untuk dapat menciptakan sebuah pengenalan yang menarik di kalangan masyarakat Indonesia bahkan di dunia internasional karena dengan semakin dikenalnya propinsi baru tersebut, pastilah akan mendatangkan banyak keuntungan dan juga devisa ke propinsi baru itu.

Penciptaan kostum karnaval untuk 34 propinsi yang ada di Indonesia, tentunya akan sangat membantu untuk pencapaian tujuan di atas.